Translate

Rabu, 01 Januari 2014

Bakso Berkumis

Resep ini ada di salah satu buku cerita untuk anak yang saya tulis, yang InsyaAllah akan terbit tahun ini :)

Saya mengambil resep aslinya dari booklet Majalah Sekar, tapi saya modifikasi sedikit, hehe..
Waktu saya memosting foto camilan ini di facebook saya, ada yang menebak bagian yang panjang menjulur-julur bak kumis naga ganteng itu adalah mie, ubi parut goreng, bahkan ada yang mengira itu roti tawar. Hadeuh, tambah meleset jauuuuh ini mah tebakannya, hahaha...


Coba perhatikan dengan seksama deh... bentuknya mirip stik bawang kan?
Masih belum ngeh juga itu apa? Oke deh, daripada penasaran terus, sampai gak bisa tidur tujuh hari tujuh malam, saya mau buka kartu. Bagian yang panjang-panjang itu adalah....KULIT PANGSIT sodara-sodara! Hihihi...

Catet resep dan cara membuatnya ya:


100 gram ikan tenggiri giling
50 gram udang kupas, cincang kasar
3 tangkai daung bawang, iris halus
50 gram wortel, parut
¾ sendok teh garam
¼ sendok teh merica bubuk
½ sendok teh gula pasir
1 sendok teh minyak wijen
1 sendok makan tepung sagu
1 putih telur
2 sendok makan air es
Minyak untuk menggoreng
Kulit pangsit, iris tipis halus
Cara membuat:
1.      Campur ikan tenggiri, udang, dan wortel, aduk rata.
2.      Tambahkan  garam, merica bubuk, gula pasir, minyak wijen, tepung sagu, putih telur, dan air es, aduk rata.
3.      Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, gulingkan di kulit pangsit.
4.      Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering.

      Rasanya krenyes-krenyes nyamleng lho. Dimakan sama kuah enak, langsung dimakan tanpa teman apapun juga oke. Kalo anak saya malah mrithili krenyes-krenyesnya dulu, baru baksonya, hihi. Silakan dicoba! :)

2 komentar:

  1. Duh, jadi pengen segera praktik masak, pasti seru lagi kalo masaknya sambil baca buku Princess Masakan.
    Selamat ya, Mbak. Ikut bangga dengan karya-karya njenangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, ayo mbak pesen ke aku. kayak-e baru sebulan lagi nongol di gramed samarinda ;). suwun ya mbak :)

      Hapus

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊