Translate

Selasa, 20 Mei 2014

[Resensi] Belajar dari Para Petualang



Judul Buku: Traveler's Wisdom, Kutipan Keren untuk Teman Bertualang
Penulis: Tim Wesfix
Penerbit: Grasindo
Harga: Rp 50.000,00

Sebuah perjalanan biasanya memiliki tujuan, entah itu hanya untuk bersenang-senang menikmati pemandangan alam, melepas penat, ingin merasakan pengalaman baru, dsb. Perjalanan membuat seseorang berpikir lebih terbuka dan lebih bijaksana dalam melihat dunia.

Buku Travelers’s Wisdom ini berisi kisah singkat 30 travelers terkenal dari seluruh dunia. Ada kisah Marco Polo yang menjelajah dunia melalui berdagang (hal.6); Che Guevara yang melakukan perjalanan sambil melakukan kegiatan kemanusiaan dengan cara memraktikkan ilmu kedokteran yang ia pelajari (hal.17); bahkan ada kisah Agustinus Wibowo, petualang asal Indonesia yang membukukan perjalanannya di negeri-negeri terpencil (hal.74). Dari kisah singkat tersebut, pembaca akan mengetahui beragam alasan yang mendorong para petualang dalam buku ini melanglang buana ke berbagai negara. Ada yang bepergian sambil menyebarkan agama, dalam rangka penelitian, mengasingkan diri, dan lain sebagainya.

Kutipan-kutipan keren dan tips seputar travelling juga melengkapi buku perjalanan ini. Diantara kutipan-kutipan tersebut, ada beberapa yang memotivasi, seperti kutipan dari Russel Wallace berikut ini: “Aku sangat bersyukur, aku dapat melihat banyak hal, sehingga ini mendorongku untuk menaruh hormat yang dalam pada semua agama di dunia” (hal.50).

Buku ini cocok untuk para pembaca yang malas berselancar di dunia maya, karena info-info singkat di dalamnya (meski sedikit) mampu menjawab keingintahuan pembaca seputar travelling. Mungkin jika kisah para petualang dunia ditulis dengan detail, buku ini akan lebih menarik.

*Tulisan ini meraih juara 3 lomba menulis Traveller's Reading Challenge yang diadakan Penerbit Grasindo Mei 2014, tetapi hadiahnya dapat limpahan dari pemenang utama :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊