Translate

Sabtu, 03 Mei 2014

Kembung Sambel Kemiri GPL




Bulan kemarin di kompleks perumahan saya ada lomba tumpeng dalam rangka memeringati Hari Kartini. Total ada delapan nasi tumpeng dari delapan RT. Nah, di RT saya, tugas memasaknya dibagi-bagi. Ada yang kebagian tugas masak urap, ayam bakar, tahu-tempe bacem, lodeh, dll. Saya sendiri kebagian masak nasi. Hihihi, tau aja ibu-ibu kalo eike wanita (sok) sibuk, jadi kebagian tugas paling gampang.

Setelah masak nasi, saya ikut menghias tumpeng. Ada satu lauk yang sangat menarik perhatian saya. Kebetulan yang bikin adalah mantan Bu RT. Jadi ada ikan bandeng yang ditata di wadah yang terbuat dari mentimun yang sudah dikeruk isinya, trus dilumuri sambel, daun kemangi, dan cacahan mentimun. Baunya bikin ngiler. Kata mantan Bu RT, itu namanya pecak bandeng khas Sidoarjo. Wah, menu baru nih, langsung deh tanya-tanya resepnya.

Resepnya sederhana, bikinnya juga GPL alias gak pake lama. Jadi bandeng yang sudah dibersihkan itu dikukus, trus disiram sama sambel kemiri. Untuk sambel kemiri, bahannya bawang putih, kemiri, kencur, cabe rawit, cabe merah (semua digoreng sebentar), garam dan gula secukupnya. Pelengkap sambelnya petikan daun kemangi dan cacahan mentimun. Wah, nyobak ah, kapan-kapan…

Akhirnya kemarin waktu seorang teman berkunjung ke rumah, saya nyoba bikin. Tapi pemeran utamanya bukan bandeng, hehe, saya ganti ikan kembung, karena hanya ikan ini yang tersisa di bulsay (bulik sayur ^^) waktu saya belanja ;). Untuk efisiensi waktu, pas beli ikan, saya minta tolong bulsay buat bersihkan ikannya juga. Jadi di rumah, saya tinggal ngukus aja sambil meni pedi, hihihi… . Oiya, untuk mengolah ikannya, selain dikukus, dipanggang juga nggak masalah. 

Sebelum ngukus/manggang ikan, jangan lupa si ikan dikucuri jeruk nipis sedikit ya. Diamkan sebentar, bersihkan, trus taburi dengan garam dan merica sedikit. Untuk bikin sambel, semua bahan yang digoreng sebentar tadi langsung dihaluskan, trus dikasih air kaldu ikannya. Atau dikasih air matang biasa, sedikit. Bener-bener deh, masaknya GPL. Teman saya makannya juga GPL, hahaha…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊