Translate

Kamis, 15 Mei 2014

Lele Sambel Ijo



Duluuu sekali, saya paling malas bersentuhan dengan ikan lele, apalagi memasaknya. Kulit tubuhnya itu lho, glinyur-glinyur licin, susah dipegang. Trus pas digoreng, masalah lain muncul, timbul letupan-letupan kecil yang membuat minyak panas nyiprat kemana-mana, termasuk ke tangan saya yang mulus *uhuk.  Selain itu, nggak jarang daging lele jadi lengket di wajan dan hancur.

Sekarang udah nggak malas lagi, karena udah nemu solusinya. Untuk menghilangkan lendir pada lele, rendam lele selama 10 menit dengan air yang dicampur garam dan cuka, setelah itu bersihkan dengan air mengalir. Kemudian, agar nggak terciprat minyak panas ketika menggoreng lele, pake tameng atau sutil/sudip dengan panjang gagang 100 cm *hihihi, becanda* tutup wajan dengan tutupan dan jangan pernah dibuka sebelum saat membalik lele tiba ;). Terakhir, supaya nggak lengket dan hancur saat digoreng, usahakan tubuh lele benar-benar terendam minyak dan jangan dibolak-balik terlalu sering. 

Lele adalah ikan yang murmer. Enak dan bergizi pula. Setiap membeli lele hidup, saya minta ekstra pelayanan ke penjualnya, yaitu sekalian saya minta untuk memukul si lele sampai benar-benar mampus (ups, bahasanya, hahaha) dan membersihkan kotorannya. Jangan sampai pas di rumah si lele masih geal-geol atau tiba-tiba lompat dari baskom, hihihi…   


Lele Sambel Ijo ini terinspirasi dari salah satu menu di RM Lele Lela. Bikinnya gampang, tinggal goreng lele sampai luarnya kering, trus dicocol sambel ijo. Resep sambel ijo-nya saya temukan di Tabloid Nova. Berikut resep sambelnya:

300 gram cabai hijau keriting
12 siung bawang merah, kupas
8 siung bawang putih, kupas
6 butir kemiri goreng
4 cm jahe
2 cm kunyit, bakar
1 sdt merica butiran
1 sdt ketumbar butiran, sangrai
2 sdt garam
3 sdm minyak untuk menumis

Semua bumbu di atas dihaluskan, trus ditumis sebentar. Bagi yang suka pedas, bisa ditambah ekstra rawit sesuai daya tahan perut :D

Selamat mengeksekusi :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊