Translate

Jumat, 26 Desember 2014

Nasi Kepal





Siang temans..!

Ini adalah kreasi menu perdana saya setelah merdeka dari morning sickness. Yeah, beberapa hari setelah memasuki trimester kedua, akhirnya bisa uyel-uyel dapur lagi tanpa eneg, kekangenan pada dapur pun tersalurkan ^^
Baiklah, saya akan mulai postingan kali ini dengan sekelumit cerita. Beberapa waktu lampau, saya membaca sebuah buku humor anak. Di salah satu bab buku itu, ada resep tentang nasi kepal. Nah, kemarin, saya sekeluarga dan beberapa teman kantor suami piknik ke sebuah tempat wisata. Sebelum berangkat, dengan semangat 45 saya menyiapkan aneka bekal dari bahan-bahan makanan yang sudah tersedia di rumah. Kebetulan ada roti tawar dan sosis, saya olah keduanya jadi roti bakar isi sosis. Ada jagung muda,  saya sulap jadi bakwan jagung. Terakhir, ada nasi semalam yang masih bisa diselamatkan.

Biasanya, kalo ada sisa nasi semalam yang masih bisa dimakan, ide yang langsung muncul pasti bikin nasi  goreng. Ya nggak? 

Saya malah langsung ingat sama resep nasi kepal yang pernah saya baca dulu. Tanpa pikir panjang, akhirnya saya nyoba bikin dengan sedikit modifikasi.

Bahannya:
Nasi
Keju parut
Telur kocok
Tepung panir
Potongan sosis


Saya membuat nasi kepal ini dua versi, yaitu nasi kepal tanpa sosis dan pake sosis. Kalau pake sosis, cara membuatnya seperti berikut.

Pertama, campur dulu keju parut dan nasi, trus kepal-kepal bulatan nasi yang ditengahnya sudah dikasih potongan sosis. Lakukan sampai habis. Kedua, gulingkan bulatan nasi isi sosis ke dalam kocokan telur, baluri dengan tepung panir. Terakhir, goreng sampai berwarna kuning kecoklatan, angkat, santap dengan cocolan saus tomat/saus sambal/mayones.

 nasi kepal tanpa sosis, penampakannya mirip jemblem ^^

Punya rencana piknik ke suatu tempat selama libur panjang ini? jangan lupa bawa bekal nasi kepal ya.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊