Translate

Senin, 29 Desember 2014

Kaleidoskop 2014



2014 akan segera berlalu. Alhamdulillah, sepanjang tahun ini banyak berkah yang saya terima. Pencapaian dalam bidang kepenulisan sendiri memang nggak terlalu banyak sih, karena fokus utama saya pada 2014 tesis harus selesai, lulus, dan kembali mengajar di kampus ^^

Sebagai penyemangat diri, saya ingin menapak tilas beberapa peristiwa penting yang saya alami sepanjang 2014. Mudah-mudahan 2015 nanti bisa lebih baik lagi. Amin.

Januari
SMA Negeri 1 Lumajang, tempat ayah saya sekolah dulu, mengundang saya menjadi narasumber dalam acara pelatihan singkat Menulis Ilmiah dan Karya Populer. Senang sekali bisa berbagi ilmu dan motivasi di depan puluhan siswa yang tergabung dalam ekskul Jurnalistik. Selain itu, saya sedang proses menyelesaikan naskah buku anak bertema putri dan masakan.

 Pelatihan Menulis Ilmiah dan Karya Populer di SMA Negeri 1 Lumajang

Februari—Maret
Mulai berkutat lagi dengan penulisan proposal tesis yang sempat tertunda beberapa lama. Tetapi di sisi lain, masih tetap tergoda menulis naskah buku, menulis untuk dikirim ke media cetak/untuk diposting di blog, ikut lomba menulis, kuis-kuis berhadiah, dsb. Paling sering sih, dapet hadiah dari ikutan kuis di radio, hehe..


April
Alhamdulillah, dari 300 lebih tulisan peserta lomba menulis blog bertema peduli lingkungan yang diadakan oleh blogdetik dan WWF, tulisan saya terpilih menjadi 5 pemenang kedua, lumayan dapat fresh money, hehe. 


Di bulan yang sama, saya menerima penghargaan 'Kosmonita Extra Ordinary 2014' dari radio Kosmonita Malang. Hadiahnya lumayan banyak, mulai dari tas, buku, aneka merchandise, dan segambreng vocer ^^

Menerima penghargaan 'Kosmonita Extra Ordinary 2014' dari Radio Kosmonita Malang @Hotel Harris

Mei
Bulan yang penuh anugerah. 

Pertama, untuk ketiga kalinya tulisan saya dimuat di Majalah Ummi. Kali ini di rubrik ‘Tamu Kita’. Saya menulis artikel tentang kiprah seorang perempuan inspiratif yang tak lain adalah sahabat saya sendiri, Inni Indarpuri. Sebenarnya artikel ini saya kirim untuk lomba yang diadakan oleh Majalah Ummi. Sayangnya, artikel ini nggak menang, tetapi layak dimuat di edisi reguler. 




Kedua, ini yang saaangat saya syukuri, akhirnya saya berhasil maju menyeminarkan proposal tesis saya. Rasanya lega, tahap 1 dari serangkaian proses telah saya lalui. Tinggal 2 proses lagi.

 Momen saat seminar proposal

Ketigaresensi buku Dewi Dedew Rieka yang saya tulis dimuat di Kompas Anak.




Keempat, tulisan saya dinyatakan sebagai pemenang ke-3 dalam lomba menulis resensi buku Penerbit Grasindo. 

Nggak lama setelah pengumuman, kemenangan saya dianulir menjadi pemenang pertama! Yeay, bak ketiban bulan deh rasanya. Secara, hadiah pertamanya jalan-jalan ke Bromo-Ijen-Gland gratis yang dilaksanakan mulai tanggal 29 Mei hingga 1 Juni. 



Pengalaman yang sangat berkesan, karena selain jalan-jalan ke tempat baru, dapat teman baru, saya juga berkesempatan mengenal beberapa kru Penerbit Grasindo. Ditawarin nulis novel di Grasindo juga sebenarnya, tapi saya belum punya naskah novel yang sesuai dengan kriteria Grasindo *_^

Juni
Kelar traveling, saatnya kembali ke laptop, eh, tesis. Saya berusaha mengejar DL agar bisa ujian semester genap. Saya kencangkan ikat pinggang, pakai kacamata kuda agar nggak lirik-lirik yang lain *eh* agar nggak tergoda menulis selain tesis maksudnya. Saya benar-benar fokus, bahkan sampai nolak beberapa tawaran menulis dari sebuah penerbit *aish, gayaaa. Iya, saya sampai merekomendasikan penulis lain untuk menggarap naskah tsb. 

Di bulan ini, buku Princess Masakan terbit. Seneng plus lega, karena nulis buku ini kerja keras banget. Selain menulis cerita, saya juga harus memikirkan menu sederhana dengan nama yang unik, menulis resep plus motret hasil uji dapur. Prosesnya bisa dilihat disini.


Juli
Akhirnya, setelah memeras keringat, membanting tulang sampe remuk, kaki jadi kepala kepala jadi kaki, berjuang hingga titik darah penghabisan *halah!* tepat di hari ulang tahun pernikahan saya yang kedelapan, 8 Juli, saya berhasil ujian tesis! Sudah plong? Beluuum.. masih ada tahap akhir, yaitu revisi. Dan sodara-sodara, waktu revisinya hanya 10 hari! Nggak mau gagal lulus tahun ini, saya ngebut revisi, kesana kemari ngejar dosen buat minta tanda tangan, wuah, seru! Daaan, revisi terkumpul di hari terakhir. Alhamdulillaaaah, segala puji bagi Allah, saya luluuus! Kado indah di 2014! Saya sangat berterimakasih kepada Mbak Watiek Ideo yang bersedia saya teliti proses kreatifnya dalam menulis cerita anak, kepada suami dan putri tercinta saya yang tak henti memberi dukungan, kepada para dosen pembimbing, teman-teman senasib yang saat ini selalu bikin saya kangen, dan pihak-pihak lain yang tidak bisa saya sebut satu per satu disini ^^

Tesis yang saya tulis dengan penuh pengorbanan dan deraian air mata *tsaaaah

Di hari yang sama, tulisan saya saat traveling gratis ke Alas Purwo dan G-land bersama Grasindo, dimuat di Harian Republika. 



Rejeki lainnya yang saya terima di bulan ini, saya positif hamil, hehe… Alhamdulillah, setelah 7 tahun, tahun ini kembali merasakan ‘rempong sedep’nya jadi bumil.  Ini jadi kado indah sewindu pernikahan…^^

Agustus
Bulan ini ada satu momen traumatis yang saya alami. Saat berlebaran di kampung halaman, Lumajang, saya sekeluarga mengalami kecelakaan. Malam itu, motor kami ditabrak motor yang dikendarai seorang ABG. Karena ditabrak dari samping dan si ABG mengendarai motornya kayak lagi dikejar setan, motor kami penyok di bagian roda sebelah kiri. Sejak itu, saya jadi agak takut kalau harus ke jalan raya naik motor pada malam hari, hiks…

September
September ceriaaa, karena akhirnya saya diwisudaaa, hehe. Tapi saya sempat sedih, karena harus mengucapkan selamat tinggal lagi kepada Kota Malang tercinta, harus meninggalkan gubuk yang kami beli dengan karingat sendiri dan baru tiga tahun ditempati, harus kembali lagi ke Samarinda untuk mengabdi, hik hik hik…  Beruntung langsung nemu orang yang tertarik untuk mengontrak si gubuk. Nulis ini jadi kangen gubuk tersayang nun jauh di malang sana dweeh… hu hu hu…

 Momen saat acara pelepasan dan wisuda di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM)

Oktober—Desember
Aktif kembali di kampus, mengampu beberapa matakuliah menulis, menguji mahasiswa yang ujian skripsi, dan segambreng kesibukan berbau kampus lainnya. Di luar aktivitas kampus, masih tetap menabung naskah untuk buku berikutnya, menyelesaikan beberapa naskah pesanan, dan ikut lomba sana-sini. 
Selain itu, Oktober lalu sempat diminta Perpusda Kalimantan Timur untuk menjadi juri Lomba Duta Baca Kaltim 2014. 

 
Final Pemilihan Duta Baca Kaltim 2014 @Perpusda Kaltim

* * *
Apapun yang saya alami sepanjang 2014, saya sangaaat bersyukur. 

Sekarang, siap-siap menyongsong 2015 dengan sederet target. Apa sajakah itu? Yang pasti, ingin lebih bermanfaat lagi untuk banyak orang, ingin lebih sering lagi berbuat kebaikan, ingin menjadi pribadi yang lebih baik (terutama di mata Allah), ingin lebih produktif menulis (entah buku, artikel media, tulisan untuk blog, apapun deh, yang penting nulis), dan banyaaak lagi. Semoga terkabul. Aaamiiin…

Semoga tulisan ini bermanfaat ^^

Tetap semangat, tetap menjaga niat, dan jangan lupa menjaga kesehatan ya temans!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊