Translate

Jumat, 19 Juni 2015

Puding Kurma



Marhaban Ya Ramadan…
Alhamdulillah, bertemu lagi dengan Ramadan... :)

Ramadan saya kali ini berbeda dari sebelumnya, karena saya sedang menyusui anak ke-2. Jadi ingat, Ramadan beberapa tahun silam juga saya lalui sambil menyusui. Waktu itu anak pertama saya sedang berumur 2 bulan lebih beberapa hari, sama seperti si adek sekarang. Meski sedang menyusui, saya tetap ikut puasa dan Alhamdulillah nggak ada masalah. Mudah-mudahan Ramadan kali ini saya bisa puasa sampai hari terakhir. Amin

Kalau Ramadan begini, salah satu topik yang sering dibicarakan adalah takjil, biasanya gandengan sama ngabuburit, karena kebanyakan pas ngabuburit sambil berburu takjil, hehe.. . Topik lain selain takjil adalah kurma, karena minimarket, supermarket, dan pasar, mendadak disesaki kurma, hehe...

Eh, ngomong-ngomong, takjil yang selalu ada di rumah apa saja nih? Pasti kolak pisang, es buah, atau aneka kue ya? 

Menurut saya, takjil nggak perlu ‘heboh dan berat’, karena fungsinya kan untuk membatalkan puasa saja. Takjil yang sering saya sediakan di rumah berupa potongan buah, termasuk kurma. Kebiasaan kita selama ini, buah dimakan paling akhir sebagai pencuci mulut. Padahal Rasulullah menganjurkan memulai makan dengan makan buah lho.


Nah, bagi yang ingin membuat takjil simpel, coba deh, kreasi puding kurma ini. Di rumah ada kurma, susu cair, dan agar-agar plain? Kalau ada, let’s try at home!

Haluskan 10 buah kurma (jangan lupa buang bijinya dulu ya^^) dan 900 ml susu cair dengan blender. Nggak perlu lagi ditambah gula, karena kurma sudah manis. Setelah itu, tuang ke panci, campur dengan sebungkus bubuk agar-agar tawar. Kalau sudah tercampur rata dan nggak ada lagi gumpalan agar-agar, jerang di atas api sedang. Begitu mendidih, angkat, tuang ke cetakan. Oiya, sebelum cetakannya dituangi adonan puding, taburi dulu dengan kurma yang sudah dipotong kecil-kecil ya. 


Santap puding kurma dalam keadaan dingin agar lebih nikmat ^^

3 komentar:

  1. mantap nih puasa berbuka dengan yang manis-manis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi jangan sampe kebanyakan yang manis-manis ya, hati-hati diabetes^^

      Hapus
    2. tetap harus beingat makannya hha

      Hapus

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊