Translate

Kamis, 10 April 2014

Sate Ayam Teflon




Berawal dari rasa geregetan terhadap para penjual sate di sekitar rumah yang potongan satenya makin lama makin kecil bak sate lalat, suatu sore saya nekat bikin sate sendiri. Dengan potongan daging gede-gede tentunya, hehe… Kebetulan ada lontong bikinan ibu. Tinggal beli ayam dan kacang tanah buat bikin bumbunya, eksekusi deh!


Tokoh utama menu ini adalah ayam. Sebaiknya beli bagian dada, yang banyak dagingnya. Setelah daging bersih, potong-potong sesuai selera. Sesuai judul tulisan, satenya saya masak pakai teflon. Kenapa nggak bakar pakai arang? Idih, niat banget pakai arang, kayak abang tukang sate beneran aja, hehe.. 



Jadi setelah dipotong-potong, campur dengan kecap dan sedikit bumbu kacang, masak di atas teflon sampe bumbu kecapnya mengubah warna daging menjadi gelap kecokelatan. Setelah itu, baru deh ditata di tusukan sate. Kalo sate beneran kan ditusukin dulu, baru dibakar ya? Hehe, biarin dah.. namanya juga sate rumahan, bukan sate warungan.

 Untuk bumbu kacangnya, haluskan kacang goreng dan bawang putih goreng. Kasih air dikit, jerang di atas kompor sampe mendidih dan kental, lalu masukkan garam dan gula merah secukupnya. Semua pake rumus kira-kira aja. Bumbu kacang matang, tata sate di piring, siram sate dengan bumbu kacang dan kecap, tambahkan cabe dan irisan bawang merah (kalau suka), sikaaaaaat…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊