Translate

Sabtu, 14 September 2013

Serunyaaaa BIP Writer's Gathering! *_^



Dua tahun lalu saya pernah melihat foto-foto acara pertemuan penulis penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP) dari fb seorang penulis. Sepertinya seruuuu sekali! Saya pun berangan-angan, suatu saat bisa menjadi salah satu penulis yang diundang ke acara tersebut. Alhamdulillah, akhirnya tahun ini angan-angan saya terwujud, saya diundang untuk menghadiri BIP Writer’s Gathering ke-3 di Jakarta pada hari Kamis (12/9) kemarin. Rasanya seneeeeeng banget saat menerima undangan itu. Saya pun segera memesan tiket pesawat PP Surabaya-Jakarta.

Bersama penulis buku anak yang super produktif, Mbak Watiek Ideo, saya berangkat dengan pesawat paling pagi, tapi saya nggak ngeh kalo acaranya dimulai pukul 09.30 WIB (hahaha, kebiasaan buruk setiap nerima undangan nggak dibaca dengan cermat, jangan ditiru ya). Sepanjang perjalanan menuju kantor BIP di Gedung Kompas Gramedia Kerajinan Jakarta Barat, saya membayangkan, acaranya pasti heboh nih, karena beberapa penulis keren yang selama ini namanya saya kenal lewat fesbuk bakal tumplek blek disana ;). 

Dugaan saya nggak meleset. Acara gathering yang mengusung tema Exploring The World of Imagination itu amat-sangat-luar biasa seru dan berkesan. Begitu keluar dari lift lantai 5 (tempat acara berlangsung), setelah ngisi buku tamu dan diberi goody bag (berisi beberapa buku, alat tulis, vocer belanja buku Gramedia, dan sovenir), semua undangan ditodong bergaya gokil di photobooth yang sudah disediakan panitia gathering.  Nantinya dari foto-foto itu akan dipilih 3 pemenang dengan gaya tergokil. Aduh, bergaya macam mana nih? Bingung. Akhirnya saya menggeret kawan seperjalanan saya untuk beraksi bersama di depan kamera. Jadilah foto ini :p



Kami termasuk rombongan undangan yang datang pertama kali. Ini karena kawan seperjalanan saya yang keren itu didapuk menjadi salah satu narsum yang memeriahkan talkshow gathering ;). Setelah kami, satu persatu tamu undangan berdatangan. Wuah, wajah-wajah penulis top yang selama ini sering saya lihat di fesbuk mulai bermunculan. Ada Mbak Fita Chakra yang produktif nulis dan menang lomba, ada Mas Chris Oetoyo yang juga penulis script FTV di tv-tv swasta,  Mbak Stella Ernes yang multitalenta—nulis plus mengilustrasi bukunya sendiri, Mbak Yuliani, Mbak Nelfi Syafrina-Mbak Lisdy-dan Mbak Irma Irawati yang pada bawa krucil-krucilnya yang lucu, Mbak Anisa Widiyarti, Mbak Wylvera yang prestasinya segudang dan bersuara merdu, Mbak Arleen yang buku-bukunya selalu inspiratif, Mbak Aprilina, Mbak Siti, Mbak Litda, Mbak Dewi Liez, Mbak Ina Inong, Mbak Yovita, Miyosi, dan sederet nama top lainnya. Beberapa ada yang pernah dan sering ketemu seperti Mbak Dian Kristiani yang bukunya gokil-gokil, dan Mbak Monica Anggen yang produktif nulis novel. Selain penulis, ada pula para ilustrator yang karya ilustrasinya sering berseliweran di beranda fesbuk saya, seperti Evelyn Gozali dan Arrahman Rendi. Beruntung sebelum acara dimulai saya sempat say hello dan ngobrol-ngobrol sebentar dengan beberapa diantara mereka :)

 dari kiri ke kanan: Mbak Anisa, Mbak Fita, Mbak Wylvera, Mbak Nelfi, saya ^_^ (foto: dokumen pribadi)

 dari kiri ke kanan: Mbak Dewi Liez, Mbak Nelfi, Miyosi, Mbak Arleen, Mbak Stella, Mbak Wylvera, Mbak Fita, saya, Mbak Irma, Mbak Watiek, Mbak Dian, Mbak Ina Inong, Mbak April, Mas Chris ^_^ (foto: dokumen pribadi)

 Dari kiri ke kanan: Mbak Siti, Mbak Yuliani, saya ^_^ (foto: dokumen pribadi)

Kehebohan berlanjut ketika duo MC gathering, Mbak Novalya Putri dan Mas Aditya, membuka acara. Mbak dan mas yang juga editor BIP itu memanggil semua tim BIP ke depan dan tiba-tiba semua kompak bergoyang Caesar, audiens juga diajak bergoyang biar semangat. Sebuah kejutan yang sempat membuat saya melongo takjub dengan kekompakan tim BIP, sampai lupa nggak mengabadikan momen itu, hihihi

Selanjutnya, ada beberapa sambutan yang disampaikan oleh Tim BIP, yaitu Pak Candra Budiyono (Direktur BIP), Pak Andy, Pak Hendarto, dan Bu Noni. Dari beliau-beliau ini, ada beberapa poin penting yang perlu dicatat. Seperti yang saya dengar dari pernyataan Pak Candra, setiap bulan terbit ribuan buku dari berbagai penerbit, sementara itu daya tampung satu toko buku Gramedia sekitar 20.000 buku. Inilah salah satu penyebab, mengapa sebuah buku terpaksa ‘didepak’ dari toko kalau selama 4 bulan tidak/kurang laku. Lalu dari Pak Hendarto, saya jadi tahu, mengapa display buku-buku BIP di Gramedia selalu di tempat-tempat strategis, dan seperti apa strategi penjualan yang dilakukan tim marketing BIP. Terakhir, dari Bu Noni, fokus penerbitan BIP tahun depan adalah buku anak dan komik, novel, buku pengembangan diri (seperti buku-buku tema parenting, resep-resep, dsb) dan bisnis, buku sekolah, referensi dan kamus, serta buku agama. Oiya, kalau selama ini imprint BIP cuma Qibla dan Genta, tahun ini ada imprint baru khusus untuk novel, yaitu Bhuana Sastra. Wah, peluang besar nih buat teman-teman yang suka menulis novel. Kabar gembira lainnya, sekarang BIP punya website sendiri, yaitu www.bhuanailmupopuler.com.

 
Pak Candra (foto: dokumen Watiek Ideo)


 Bu Noni mirip Fira Basuki ;) (foto: dokumen pribadi)

Kelar sambutan-sambutan, saatnya sesi sharing kepenulisan. Ada 3 penulis yang didapuk untuk berbagi, yaitu Pak Rudy Efendy, Mbak Watiek Ideo, dan Mbak Stella Ernes. Ketiganya adalah penulis buku-buku best seller yang top abis. Eh, ada satu lagi sih narsumnya, yaitu Mbak Arleen. Puas banget bisa menyerap ilmu, semangat, dan rahasia mereka agar produktif menulis. 

 talkshow (foto: dokumen Watiek Ideo)

Sharing selesai, eeeeh, ternyata masih ada kejutan heboh yang menanti, yaitu pemberian award untuk penulis buku-buku laris terbitan BIP. Untuk penulis buku anak, Mbak Watiek Ideo menjadi the first (horeeee, selamaaaat!). Sedangkan penulis buku dewasa, saya lupa namanya, hehe…  Eits, ada lagi, pengumuman 3 pemenang kontes foto gokil—Mas Heru, Mbak Gantina, dan Mbak Christine—dilanjutkan pengumuman siapa-siapa saja yang dapat doorprize. Doorprize-nya banyak plus bikin mupeng, ada handphone, juicer, pemanggang roti, sampai televisi.
 pemenang kontes foto gokil ;) (foto: dokumen BIP)

 pemenang doorprize (foto: dokumen Watiek Ideo)

Acara demi acara terlewati, saatnya makan siang dan foto-foto sampai lecek ;). Baru sadar, ternyata saya dan Mbak Watiek termasuk tamu yang datang paling awal dan pulang paling akhir, untung nggak disuruh beres-beres sama panitia, hihihi…

Salut deh sama BIP yang rutin mengadakan acara gathering dengan penulis-penulisnya setiap tahun. Saya jadi kenal dengan editor-editor yang menangani buku-buku saya seperti Mbak Putri, Mbak Dewi, dan Mbak Novalya Putri; jadi tahu juga, yang mana sih Mbak Maretta, Bu Noni, dan Mbak Sri (sssst, semuanya ramah, hehe). Acara gathering sudah berlalu, namun keseruan, kehangatan, keramahan, keakraban yang terjalin, dan hal-hal berkesan lainnya dari acara tersebut masih terasa. Semoga tahun depan dapat undangan lagi dari BIP *ngarep ;)

 Dari kiri ke kanan: Mbak Novalya, Mbak Meita, Mbak Sri, Mbak Watiek, Mbak Maretta, saya, Mbak Putri, Mbak Lia, Mbak Marina, dan Mas Aditya (foto: dokumen BIP)

 Pak Alf Yogi, Mbak Watiek, saya, dan Pak Sul (foto: dokumen Watiek Ideo)

  
saya dan Mbak Dewi (foto: dokumen pribadi)

Saya dan Mbak Novalya (foto: dokumen pribadi)

 Saya, Mbak Watiek, Mbak Maretta, dan Rendi (foto: dokumen pribadi)

 kekompakan tim BIP, serba ungu ^_^ (foto: dokumen pribadi)







19 komentar:

  1. Seru...pengen dapat ulasan ilmunya juga dong!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ulasan ilmu yang dari talkshow InsyaAllah menyusul ya mbak, masih proses transkrip rekaman wawancara, hehehe

      Hapus
  2. Wow! Keren liputannya, makasih ya Dhonna, tersanjung pas baca bagian namaku...ehem...ehem. :)

    BalasHapus
  3. Wuih seru!
    *ngikik liat foto gokil* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...kalo liat foto asli para pemenangnya pasti Mbak Nia tambah ngikik deh

      Hapus
  4. Lucu foto-fotonya. Kayak di Negeri Dongeng. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus ya mbak...denger2 setting panggungnya yang cantik itu garapan mbak Maretta :)

      Hapus
  5. Dhonna, tahnk you informasinya yaaa.. ajarin aku bikin blog dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. podo2 mbak Lia...hehe, aku belajar dari buku, banyak kok buku tentang ngeblog, hehehe

      Hapus
  6. Wah wah saya baru ngintip blog-nya Bu Dhona, hihihi. Lengkap sekaliii. Mantep deh Bu Dhona ngulas acaranya. Terima kasih atas sanjungannya dan semoga makin betah sama BIP ya Bu, tetap berkarya untuk menyemarakkan literasi Indonesia!
    Cemangat ^^V

    BalasHapus
    Balasan
    1. hyaaa, makasih kunjungannya mbak Nova. memang seru kok mbak acaranya, kru BIP juga welcome semua, termasuk mbak Nova ;).
      Cemungka, cemungudh kakaaaa ;)

      Hapus
  7. Udah tiga kali datang ke Writer's Gathering BIP selalu seru dan kompak. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi nggak bosen datengin terus ya mbak Fit :)

      Hapus
  8. Wah seruuuu... Bisa ketemu orng2 yg cm dpt email atau suaranya sj... Sayang blum maduk list... He3...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, mudah-mudahan tahun depan mas Yon Rifai sudah masuk list ya.. amiiiin :)

      Hapus
  9. Baca liputannya aja sdh senang, apalagi kalau bisa ikut. Terima kasih, Mbak. Aku jg mau dong sharing ilmunya

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊