Translate

Minggu, 08 Juni 2014

[Resensi] Kisah Anak-Anak Hebat

Menurutmu, anak yang hebat itu seperti apa, sih...? Apakah anak yang selalu mendapat juara satu di kelasnya? Apakah anak yang nilai matematikanya selalu 100? Apakah anak yang selalu menjadi langganan juara lomba menyanyi? Umumnya kita menganggap anak hebat adalah mereka yang memiliki segudang prestasi.

Tetapi, anak hebat tidak selalu seperti itu. Anak yang berani mengakui kelemahannya, lalu semangat belajar untuk memperbaiki diri, itu termasuk anak hebat. Sebab, tidak semua anak berani mengakui kelemahan dirinya seperti itu.

Nah, ada buku kumpulan dongeng berjudul Kumpulan Dongeng Anak Hebat. Buku ini menceritakan kisah anak-anak hebat karena memiliki sifat yang baik. Misalnya, kisah tentang Bill, seorang pemuda miskin yang berbakat sepak bola. Ia tahu, ayahnya hanya seorang tukang sol sepatu. Karena itu, Bill hidup sederhana. Padahal, teman-teman di sekolahnya banyak yang kaya.

Bill tak mau merepotkan ayahnya. Ia berusaha memenuhi kebutuhannya sendiri. Sampai suatu ketika, Bill melihat peluang untuk menghasilkan uang dengan cara berdagang bola. Bill tidak malu menjadi penjual bola. Dari hasil berdagang, Bill bisa mencukupi kebutuhannya, bahkan membayar hutang-hutang ayahnya. Bill hebat karena dia berusaha mandiri.

Buku karangan Kak RF. Dhonna yang diterbitkan PT Bhuana Ilmu Populer ini ceritanya cukup bagus. Banyak nilai positif yang dapat kita pelajari. Salah satunya, kita tahu bahwa menjadi anak hebat itu bisa karena melakukan hal yang sederhana (Joko).

Resensi ini dimuat di rubrik 'Buku Pilihanku' Majalah Bobo no.7, terbit 22 Mei 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊