Translate

Minggu, 07 April 2013

Siomay 'Berbulu' Batagor :)


Akhirnya kesampaian juga untuk memfoto batagor buatan sendiri. Saya lumayan sering sih bikin penganan ini. Tapi mau pemotretan selalu gagal, karena keburu ludes. Secara anak saya doyan banget sama batagor, hehe…

Batagor a.k.a bakso tahu goreng termasuk salah satu kuliner khas Sunda yang sudah menyebar hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Batagor yang asli terbuat dari adonan bakso ikan yang dibungkus dengan tahu dan disiram bumbu kacang. Saat di Malang, saya sering menjumpai pedagang jajanan yang menjual batagor, tapi kebanyakan cuma batagor-batagoran, cuma tepung kanji yang dikasih secuil tahu dan digoreng lalu dibumbui saus kacang. Ada juga yang terbuat dari bakso dan dibungkus kulit pangsit lalu digoreng, sehingga jadilah batagor.

Saat belanja sembako di pasar swalayan, saya sengaja mencari ikan tengiri, karena memang berniat membuat siomay. Membaca resep siomay di majalah Femina, saya jadi ngiler kepingin bikin.
Saya nemu potongan tengiri yang lumayan segar. Langsung bungkus. Saya pun ngubek-ngubek tempat bahan makanan siap masak, mencari kulit pangsit. Eh, kurang beruntung, stok lagi kosong. Meski demikian, tengiri tetap saya bawa pulang. 

Sampai di rumah, lihat tahu nganggur jadi terbayang-bayang batagor. Hm, bikin batagor aja deh, tapi pakai resep siomay dari Femina. Jadilah judul tulisan ini Siomay 'Berbulu' Batagor. Luar batagor, dalemnya siomay, hehehe…
Berikut resep siomay beserta saus kacangnya yang saya copas dari Femina.

Bahan siomay:
350 gram udang jerbung, kupas
300 gram daging ikan tengiri
150 gram tepung sagu
100 gram labu siam, kupas, parut halus
3 siung bawang putih, kupas
1 sdm minyak wijen
1 sdt garam
½ sdt merica putih bubuk
100 ml air es
60 ml putih telur ayam

Bahan saus kacang:
2 sdm minyak untuk menumis
3 siung bawang putih, tumis sebentar, haluskan
3 buah cabai merah besar
170 gram kacang tanah kupas, goreng, haluskan
1 sdm cuka
1 sdt garam
2 sdm gula pasir
250 ml air

Nah, berhubung saya nggak punya udang, saya cuma pakai tengiri aja. Bahan yang lain kebetulan ada, jadi no problemo. Trus, saus kacangnya, berhubung saya tidak punya stok cabai merah dan cuka, saya tidak memasukkan kedua bahan tersebut ketika membuatnya. Gulanya juga saya ganti gula merah agak banyak. Jadi sausnya bercitarasa manis gurih. 

Karena ini batagor, jadi jangan lupa siapkan tahu gorengnya ya. Saya tidak membeli tahu matang yang sudah digoreng. Saya beli tahu kotak biasa dan saya goreng sendiri hingga kering. Satu kotak tahu saya potong beberapa bagian menjadi potongan tipis-tipis. Saya menyobek sisi tahu yang akan diisi adonan dengan pisau. Hati-hati ya ketika menyobek tahu yang sudah digoreng, jangan sampai bagian bawahnya bolong.

Untuk membuat sausnya, rebus kacang halus bersama bawang putih halus, garam, dan gula merah hingga mendidih. Selanjutnya untuk membuat adonan isi, masukkan semua bahan siomay ke dalam food processor, proses hingga halus, keluarkan.

Isikan adonan pada tahu goreng sampai penuh dan montok (hehe..). kukus dalam dandang panas hingga matang sekitar 20 menit. Goreng bakso tahunya hingga kelihatan garing, angkat, potong-potong, sajikan. Siram dengan saus kacang, dan sajikan dengan potongan mentimun sebagai pelengkapnya. Bagi yang suka kecap atau saus sambal, bisa juga ditambahkan. Siomay 'Berbulu' Batagor siap disantap ^^






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊