Translate

Jumat, 12 April 2013

Trancam Teri Nasi


Hai-hai….! Udah pada bikin jadwal untuk menu seminggu belum? Selipin menu Trancam Teri Nasi ini yuk. Resep ini sudah saya coba di dapur kecil saya. Rasanya sedap lho. Hehe..


Setelah mengamati foto di atas, mungkin dalam hati ada yang nyeletuk, “itu kan urap?” Trancam dan urap memang mirip. Setahu saya, trancam adalah sajian yang yang terdiri dari sekumpulan sayuran mentah seperti mentimun, kacang panjang, kemangi, dan taoge, yang dicampur dengan kelapa parut berbumbu. Kalau urap, sayurannya dimasak dulu (kukus atau rebus). Jadi perbedaan keduanya ada pada sayurannya. 

Nah, saya ingin membuat trancam yang beda, karena kelapa parut berbumbunya saya campur dengan teri nasi.  

Menurut hasil penelitian, teri nasi sangat bagus untuk mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis), karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Selain itu, fluor yang dikandungnya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi. Fluor adalah elemen penting dalam mencegah karies atau lubang gigi. 

Sekarang, mari menyiapkan bahan-bahannya.

·         Mentimun, bersihkan, cacah kasar
·         Kacang panjang, bersihkan, iris-iris tipis
·         Taoge, bersihkan, seduh sebentar saja dengan air panas
·         Kemangi, bersihkan, petiki daunnya
·         Teri nasi, bersihkan
·         Kelapa parut
Bumbu:
·         Bawang merah
·         Bawang putih
·         Cabe merah
·         Asam
·         Kencur
·         Terasi
·         Daun jeruk, sobek-sobek
·         Gula pasir
·         Garam

Bagi yang doyan pedas, bisa ditambahkan cabe rawit/keriting. Untuk gula, disarankan pake gula merah biar lebih sedap. Saya tidak menggunakan gula merah karena kebetulan stok di dapur kosong, he…

Tumis sebentar bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan kencur. Ulek kasar bersama terasi, gula, garam, dan asam, masukkan ke dalam parutan kelapa. Masukkan juga teri nasi dan daun jeruk, aduk-aduk hingga tercampur rata. 

Kukus selama 15—20 menit. Matang, angkat, campurkan dengan sayuran. Siap dilalap deh…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊