Translate

Sabtu, 13 Desember 2008

tetap rileks saat ujian

            Begitu mendengar kata Ujian, hal-hal “serem”seputar itu akan segera muncul di otak kita. Mulai dari pengawas ujian yang katanya ‘kejam’, lembar jawaban yang nggak boleh kotor dikit, takut salah jawab, takut ini takut itu, pokoknya macem-macem deh, takutnya. Nah, biar nggak keder pas ujian berlangsung, ikuti tips berikut ini.

  • Tanamkan keyakinan awal bahwa semua akan baik-baik saja. Kita harus positive thinking kalo kita pasti bisa menyelesaikan semua soal dengan baik dan benar, sesuai waktu yang telah ditetapkan.
  • Datang ke sekolah lebih awal. Ini untuk mengantisipasi biar kita nggak terlambat. Karena kalo terlambat, konsentrasi kita bakal pecah kemana-mana.
  • Luangkan waktu untuk nyantai dulu sebelum bel berbunyi. Kamu bisa bercanda dengan teman, atau melakukan hal lain yang bisa bikin hati kamu terasa tanpa beban.
  • Hindari membuka buku di sekolah. Karena itu, usahakan belajar secara maksimal malam harinya, biar ngga buka buku lagi pas di sekolah. Ini bisa membantu menjaga bahan ujian yang udah masuk ke kepala kita biar nggak ‘keluar’lagi.
  • Jangan terpengaruh. Misalnya ada teman kamu yang ngaku dapet bocoran soal yang bakal diujikan hari itu. Sebisa mungkin, jangan percaya. Karena itu bisa mengurangi rasa percaya diri kita. Jadi, gosip apapun yang beredar di sekolah, kalo belum terbukti kebenarannya, cuekin aja.
  • Berdoa. Karena dengan doa, seseorang akan mempunyai keberanian dalam menghadapi apapun.
  • Tawakal tapi tetap optimis.
Coba deh, Insya Allah kamu bakal rileks ngerjain soal-soal yang ada di hadapanmu.
*buat murid-muridku yang mau UAS I, jangan lupa belajar, good luck!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊