Translate

Rabu, 02 Januari 2013

Semur minimalis



Tahu tempe termasuk bahan makanan yang harus selalu ada di kulkas. Tempe goreng merupakan favorit keluarga saya. Apalagi kalo dipenyet pake sambel terasi, hm, suami saya pasti bisa nambah nasi berkali-kali. Bagaimana dengan tahu? Tahu goreng setengah matang yang dilumuri campuran kecap manis dengan irisan bawang merah, tomat, dan cabe segar, menurut saya adalah menu sarapan paling ajib di dunia ^^
Saya mengolah keduanya tidak melulu dengan cara digoreng saja sih, karena siapa pun pasti bosen kalo tiap hari ketemu tahu tempe goreng terus. Ya kan?
Kreasi masakan berbahan dasar tahu yang akan saya bagi kali ini bernama semur tahu sawi. Kenapa dinamai semur? Masakan semur kan bahan utamanya daging, ayam, hati, atau jengkol, bukan tahu. Hehe, menurut KBBI sih, semur itu masakan (daging, ayam, hati, atau jengkol) berkuah yang dibumbui lada, kecap, dsb. Jadi menurut saya, apa pun bahan utamanya, asal berkuah dan dibumbui lada kecap, saya sebut semur ^^
Semur tahu sawi ini gampang banget cara masaknya. Bahan-bahannya pun mudah didapat. Makanya semur ini tergolong semur minimalis. Bahan dan cara masaknya adalah sebagai berikut.

Bahan:

Tahu kotak
Sawi hijau
Kecambah
Kulit tahu
Bawang putih
Bawang merah
Garam
Kecap
Lada/merica
Kaldu bubuk
Air
*semua pake rumus kira-kira aja ^^

Cara masak:
1.       Cuci bersih semua bahan.
2.       Potong-potong tahu bentuk dadu dengan ukuran 1x1 cm. Goreng sebentar, tiriskan. Bisa juga digoreng dulu, baru dipotong-potong. Saya pilih yang kedua.
3.       Potong-potong sawi dan kulit tahu.
4.       Cacah bawang putih dan bawang merah, tumis dengan sedikit minyak. Bila sudah tercium bau harumnya, tuang air, biarkan hingga mendidih.
5.       Masukkan tahu, sawi, dan kulit tahu. Tambahkan bumbu, aduk-aduk, dan terakhir, masukkan kecambah sesaat sebelum diangkat. 

            Kecambah dimasukkan terakhir karena proses matangnya lebih cepat dibanding bahan lain. Oiya, untuk kaldu bubuk, saya pakai yang non-msg. Kebetulan ada tetangga saya yang jual.
Menu ini sangat praktis. Saya sering membuatnya saat lagi bingung mau masak apa ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊