Translate

Rabu, 30 Januari 2013

Otak-Otak dari Udang dan Jamur Tiram



Sedang kepingin makan otak-otak, tapi nggak tahu kalau di Malang dimana lokasi tempat makan yang menjual otak-otak. Ah, bikin aja deh…  Eh, otak-otak yang saya maksud disini adalah otak-otak tengiri ya, bukan otak-otak bandeng yang terbuat dari daging ikan bandeng dicampur kelapa dan rempah-rempah.


Waktu belanja ke tukang sayur, tengiri yang saya cari nggak ada. Biasanya sih, ada yang irisan. Ikan-ikanan yang tersisa cuma udang. Hm, kalau bikin otak-otak tapi dari udang enak nggak ya? Daripada menebak-nebak, saya pun membeli udang dan nekat mau bikin otak-otak dari udang. Sampai rumah, melihat jamur yang tergeletak di meja dapur jadi terpikir untuk memasaknya juga jadi otak-otak. 


Meski bikinnya agak ribet dan memakan waktu lama, tapi acara bikin otak-otak dari udang dan jamur tiram tetap saya laksanakan, demi memenuhi hasrat kepingin makan otak-otak, hehe…

Yap, ini bahan otak-otak udang dan jamur tiram ala saya:

200 gram udang, kupas bersih
50 gram jamur tiram
100 gram tepung sagu
1 butir telur ayam, ambil putihnya
1 sdm minyak goreng
1 sdt garam
½ sdt gula
2 sdm santan
1 batang seledri
1 siung bawang putih
Daun pisang untuk membungkus secukupnya

Masaknya begini:
1.      Blender daging udang, jamur tiram, putih telur, minyak goreng, dan bawang putih, sampai halus.  Tambahkan tepung sagu, seledri, gula, garam, dan santan, haluskan lagi.


2.      Bungkus adonan sedikit demi sedikit dengan daun pisang, kukus selama 15—20 menit. Matang, angkat.
3.      Panggang otak-otak yang sudah matang dengan teflon, sampai daunnya terlihat agak gosong.




Otak-otak udang jamur tiram sudah matang, sekarang bikin sausnya. Karena saya suka gado-gado, saya bikin sausnya pake resep bumbu gado-gado dengan sedikit modifikasi, hehe…
Siapkan:
50 gram kacang tanah goreng
30 ml santan
1 buah cabe merah
Garam secukupnya



Blender semua, trus masak sampai meletup-letup.
Oiya, seledri bermanfaat untuk mengurangi bau amis ikan, termasuk udang.

Nah, saatnya mencoba. Meski aroma jamur tiram masih tercium, rasanya lumayan (menurut saya sih ^^).  Trus, mungkin karena kadar air yang terkandung pada jamur tiram lumayan banyak, jadinya otak-otak yang saya buat ini teksturnya sedikit lembek. Bagaimanapun hasilnya, teuteup, sikaaaaaaaaaaaaaaaaaat ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊