Translate

Kamis, 24 Januari 2013

Bakso Ayam yang Dibakar


Saya sering bikin bakso buat anak saya. bukannya apa-apa, si kecil susah ngunyah daging. Nah, kalo dagingnya dijadikan bakso, dia suka. Paling sering sih bikin bakso ayam yang direbus biasa dan dimakan sama soun plus kuah. seperti ini.



untuk membuat bakso ayam, bahan dan cara membuatnya sebagai berikut.


bahan:
250 g daging ayam
50 g tepung sagu
2 siung bawang putih, haluskan
20 g bawang goreng, haluskan
1 bh putih telur
1/2 sdt baking powder
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
air es

cara membuat:
1. potong-potong daging, masukkan ke food processor, dan proses hingga halus
2. kecuali air es, masukkan sisa bahan dan proses sampai adonan kenyal dan mudah dibentuk.
3. bentuk bakso sesuai selera
4. rendam bakso di air es, kemudian rebus menggunakan air mendidih. angkat dan tiriskan lalu rendam kembali di dalam air es

resep ini juga bisa digunakan untuk membuat bakso sapi. Tapi karena daging sapi harganya lumayan mahal, saya lebih suka bikin bakso ayam, he he...
Hari ini saya ingin bereksperimen dengan bakso ayam. saya kepingin bakso yang dibakar, seperti di kedai bakso bakar Pahlawan Trip Malang yang terkenal itu. Kebetulan kemarin saya bikin bakso ayam, lalu saya bekukan. jadi tinggal dipanaskan sebentar.
Bumbu bakarannya cuma sedikit minyak goreng dan kecap. Bakarnya pake teflon. Nggak perlu lama-lama bakarnya, biar nggak gosong.
Rasanya nggak mengecewakan kok. Penampakannya pun menggugah selera...^^




1 komentar:

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊