Translate

Senin, 19 Agustus 2013

Nyarden




Lihat iklan sarden kalengan di tv jadi ngiler. Mumpung ada stok ikan makarel, nyarden deh. Untuk 400 gram ikan makarel, saya menggunakan 200 gram tomat dan 4 buah cabe merah (buang bijinya) kukus, 4 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 1 sdt garam, dan 2 sdm gula.


bahan utama

Bersihkan ikan, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan sebentar, cuci bersih, potong-potong. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabe merah kukus, sisihkan. Kupas kulit tomat kukus, haluskan.


Panaskan 1-2 sdm mentega/minyak untuk menumis. Tumis bumbu halus hingga harum. Lalu masukkan tomat yang sudah dihaluskan. Saya tidak menambahkan air, karena tomat sudah mengandung banyak air. Saya juga tidak menambahkan pasta tomat, karena menurut saya tanpa tambahan pasta tomat pun rasanya sudah okeh, hehe.. Kalau sudah meletup-letup, masukkan ikan.

Sebelum daging ikan benar-benar memadat, jangan diaduk dulu biar daging ikannya nggak hancur. Kalau airnya sudah agak reduce, boleh deh ditambahkan garam dan gulanya. Memasaknya dengan api kecil ya. Karena ingin bumbunya benar-benar meresap, saya memasaknya selama 30 menit.

Rasanya 11-12 sama sarden kalengan lhooooo ...*_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊