Translate

Sabtu, 29 Desember 2012

Sambel 'dibuang sayang' buat ngoseng kangkung

Saya dan suami termasuk pecinta sambel. Setiap beli bakso, soto, atau siomay, kami selalu dapat bonus ekstra sambel. ketika beli bakso dua porsi misalnya, abang tukang bakso menyendokkan lima sendok teh sambel ke dalam plastik kecil pembungkus sambel. untuk saya, biasanya sesendok teh sambel sudah pedes banget. nah, sisa sambel ini yang sayang untuk dibuang. maka demi menyelamatkan si sambel dari kebasian, saya masukkan saja ia ke kulkas. biasanya besoknya saya manfaatkan buat memasak masakan lain, seperti terong balado, nasi goreng, atau penyet tempe. lumayan, menghemat pengeluaran untuk beli cabe segar, hihihi...
tempo hari saya memanfaatkan sisa sambel untuk memasak oseng kangkung. bahannya simpel dan kebetulan sedang ada stok di kulkas: seikat kangkung (petik & bersihkan), sepuluh ekor udang kupas ukuran sedang, dua siung bawang putih (digeprek, lalu dicacah halus), sebuah tomat (iris-iris), sambel, saus tiram, dan kecap asin secukupnya.

tuangkan satu sendok makan minyak goreng untuk menumis. kalo sudah panas, masukkan bawang putih cacah, tumis hingga harum. lalu masukkan udang, aduk sebentar, kemudian masukkan kangkung dan tomat, biarkan hingga layu (tapi jangan terlalu layu ya, biar rasanya masih krenyes-krenyes ^^). tambahkan sambel, saus tiram, dan kecap asin sesuai selera. angkat, sajikan bersama nasi pulen hangat. menu ini cocok dijadikan lauk sarapan. bersama oseng kangkung pedes, sarapan pun jadi maknyuuuuusssss.... ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊