Translate

Sabtu, 29 Desember 2012

sambel terong spesial pake pete

satu lagi menu yang bisa dibuat dari sambel sisa, yaitu terong balado. saya menyebutnya sambel terong saja, dan karena pake taburan pete iris, saya tambahkan nama resep ini 'sambel terong pete' ^^.

bahan utamanya tentu saja terong. bahan untuk sambelnya antara lain: sambel sisa, sesiung bawang merah & bawang putih (goreng sebentar), satu buah cabe merah yang sudah dibersihkan & satu buah tomat besar (goreng sebentar), terasi secukupnya, sedikit garam dan gula merah cair, selembar daun jeruk (sobek-sobek), daaaaan, karena spesial pake pete, jangan lupa petenya (bisa digoreng dulu atau langsung cemplung, tergantung selera. bentuknya juga tergantung selera, boleh diiris tipis, atau dibiarkan utuh biar tambah mancappp ^^).



setelah dicuci bersih dan dipotong serong, goreng terong sebentar. sementara menunggu terong mateng (agak lembek), haluskan bawang putih bawang merah, cabe merah, terasi, dan tomat. saya sih, lebih suka ngulek pake blender, karena lebih cepet, hehe.

panaskan sesendok makan minyak untuk menumis. masukkan bahan yang sudah dihaluskan, tambahkan daun jeruk, tumis hingga harum. masukkan pete dan terong, aduk-aduk. taburkan garam dan tuangkan gula merah cair sesaat sebelum diangkat. hm....penampakan pete dalam sambel bikin perut saya langsung keroncongan!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊