Translate

Sabtu, 09 Maret 2013

Nyayur Asem



Saya lagi demen bikin  sayur yang seger-seger plus yang isiannya rame. Ini salah satunya, sayur asem komplit. Liat deh isinya, ada jagung muda, labu siam, kacang tanah, kacang panjang, kecambah kedelai, dan daun so (daun melinjo). Bikinnya juga gampang, tinggal cemplang cemplung, ditinggal nyuci baju atau strika, mateng deh. Yang makan waktu itu ngupas, motong, dan membersihkan sayurannya. Paling males tuh bersihin kacang tanah yang sering tercampur macem-macem kotoran seperti kerikil dan bersihin kecambah kedelai dari kulit arinya.

Kalau googling sayur asem, pasti nemuin banyak variasi isian. Ada yang pakai terong, nangka muda, kol putih, buah melinjo, kecipir, dan pepaya mengkal. Nggak masalah, yang penting rasanya bung! Hehe…
Bumbu untuk membuat sayur ini antara lain:
·         Bumbu yang dihaluskan: bawang merah, kemiri sangrai, cabe merah, terasi goreng.
·         Bumbu cemplung: garam, gula pasir, asam jawa, daun salam, lengkuas dimemarkan, tomat iris.
* Seperti biasa, takarannya dikira-kira sendiri ya…hehe, maklum, pemasak amatir, khawatir rasanya kurang pas di lidah orang lain ;)
Rebus air, kalau sudah mendidih, yang sebaiknya masuk lebih dulu yaitu kacang tanah. Selanjutnya berturut turut kacang panjang, labu siam, jagung muda, terakhir kecambah kedelai dan daun so. Jadi yang matengnya agak lama dicemplungin dulu.
Sip, kalau nyayur asem jangan lupa bagi-bagi ya… ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar 😊